Rabu, 26 September 2012

0 Gua Waitomo Glowworm (Selandia Baru)




Terletak di Pulau Utara Selandia Baru, gua ini dinamakan sesuai dengan sejenis cacing yang banyak dijumpai dalam gua tersebut. Cacing tersebut adalah Luminosa Arachnocampa yang hanya ditemukan di Selandia Baru. Memiliki ukuran rata-rata sebesar nyamuk, larva glowworm yang bergantungan di langit-langit gua ini akan memancarkan cahaya terang. Yang menarik adalah bahwa larva yang lapar dikatakan akan bersinar lebih terang. Ribuan larva yang bersinar memberikan panorama langit di malam hari. Cahaya biru yang dipancarkan larva tersebut sebenarnya adalah sebuah reaksi kimia yang berlangsung dalam sebuah kapsul khusus dalam ekornya. Formasi batu kapur di dalam gua dikatakan terbentuk ketika wilayah itu masih berada di bawah laut sekitar 30 juta tahun lalu.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates