Selasa, 21 Mei 2013

1 Sungai Kapuas


Sungai Kapuas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kapuas
Sungai Kapuas dilihat dari Jembatan Sungai Kapuas, Sintang
Sungai Kapuas dilihat dari Jembatan Sungai Kapuas, Sintang
Mata airPegunungan Muller
Mulut sungaiSelat Karimata
Negara DASIndonesia
Panjang1.178 km
Ketinggian mata air...
Luahan rata-rata... m³/s
Wilayah DAS... km²
Lomba perahu di sungai Kapuas (sekitar 1920)
Sungai Kapuas atau sungai batang Lawai (Laue)[1][2][3][4][5] merupakansungai yang berada di Kalimantan Barat. Sungai ini merupakan sungai terpanjang dipulau Kalimantan dan sekaligus menjadi sungai terpanjang diIndonesia dengan panjang total 1.178 km.
Sungai Kapuas merupakan rumah dari lebih 700 jenis ikan dengan sekitar 12 jenis ikan langka dan 40 jenis ikan yang terancam punah. Potensi perikanan air tawar di sungai Kapuas adalah mencapai 2 juta ton. Hutan yang masih terlindungi dengan baik menyebabkan sungai Kapuas terjaga kelestariannya.
Namun , belakangan ini sungai Kapuas telah tercemar logam berat dan berbagai jenis bahan kimia, akibat aktivitas penambangan emasdan perak di bagian tengah sungai ini. Walaupun telah mengalami pencemaran oleh logam berat, Sungai Kapuas tetap menjadi urat nadi bagi kehidupan masyarakat (terutama suku Dayak dan Melayu di sepanjang aliran sungai. Sebagai sarana transportasi yang murah, Sungai Kapuas dapat menghubungkan daerah satu ke daerah lain di wilayah Kalimantan Barat, dari pesisir Kalimantan Barat sampai ke daerah pedalaman Putussibau dihulu sungai ini . Dan selain itu, sungai Kapuas juga merupakan sumber mata pencaharian untuk menambah penghasilan keluarga dengan menjadi nelayan/penangkap ikan secara tradisional. Sosial Budaya masyarakat Sungai Kapuas perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengingat pesatnya kemajuan teknologi dan informasi dapat memengaruhi pola berpikir masyarakat di sekitar aliran sungai Kapuas.
Sungai Kapuas yang lain juga terdapat di provinsi Kalimantan Tengah, tepatnya di Kabupaten Kapuas. Sungai ini membentang sepanjang kurang lebih 610 km, dari kecamatan Kapuas Hulu sampai kecamatan Selat yang akhirnya bermuara dilaut Jawa.

1 komentar:

  1. Thanks infonya, jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2PCx1jU

    BalasHapus

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates