Selasa, 27 Agustus 2013

0 1. Sungai Nil - 6,650 km / 4,132 mil




Sungai Nil adalah sungai utama yang mengalir di bagian utara di timur laut Afrika, umumnya dianggap sebagai sungai terpanjang di dunia. Panjangnya adalah sekitar 6.650 km (4.132 mil). 


Sungai Nil adalah "sungai internasional" karena sumber airnya dibagi oleh sebelas negara yaitu, Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan dan Mesir. Secara khusus, Sungai Nil menyediakan sumber daya air primer dan sehingga menjadi arteri hidup bagi negara-negara hilir seperti Mesir dan Sudan.

Sungai Nil memiliki dua sungai besar, Sungai Nil Putih dan Nil Biru. Sungai Nil Putih lebih panjang dan naik di wilayah Danau Besar Afrika Tengah, dengan sumber paling jauh masih belum ditentukan tetapi terletak di Rwanda atau Burundi. Sungai ini mengalir ke utara melalui Tanzania, Danau Victoria, Uganda dan Sudan Selatan. 

Sungai Nil Biru adalah sumber dari sebagian besar air dan tanah yang subur. Ini dimulai di Danau Tana di Ethiopia pada dan mengalir ke Sudan dari arah tenggara. Kedua sungai bertemu dekat ibukota Sudan Khartoum.

Bagian utara sungai mengalir hampir seluruhnya melalui padang gurun, dari Sudan ke Mesir, sebuah negara yang peradabannya tergantung pada sungai sejak zaman kuno. Sebagian besar penduduk dan kota-kota Mesir terletak di sepanjang bagian-bagian lembah Nil Aswan utara, dan hampir semua situs budaya dan sejarah Mesir Kuno ditemukan di sepanjang tepian sungai. Sungai Nil berakhir di sebuah delta besar yang bermuara ke Laut Mediterania.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates