Selasa, 27 Agustus 2013

0 Sungai Yangtze, 6,300 km / 3,917


Sungai Yangtze, atau Chang Jiang adalah sungai terpanjang di Asia, dan terpanjang ketiga di dunia. Sungai itu mengalir sepanjang sekitar 6,300 kilometer (3,917 mil) dari gletser di Dataran Tinggi Qinghai-Tibet di Qinghai di barat daya ke arah timur, tengah dan timur China sebelum mengosongkan ke Timur Laut Cina di Shanghai.




Sungai ini juga salah satu sungai terbesar dengan volume debitnya di dunia. Sungai Yangtze mengalir seperlima dari luas tanah Republik Rakyat China (RRC) dan perusahaan daerah aliran sungai adalah rumah bagi sepertiga penduduk Cina.

Seiring dengan Sungai Kuning (Yellow River), Sungai Yangtze adalah sungai paling penting dalam budaya, sejarah dan ekonomi China. Sungai Yangtze mengalir melalui beragam ekosistem dan habitat itu sendiri bagi spesies endemik dan terancam punah beberapa termasuk buaya Cina dan sturgeon Yangtze.

Selama ribuan tahun, orang telah menggunakan sungai untuk air, irigasi, sanitasi, transportasi, industri, batas-tanda. 3 Dam terbesar di Sungai Yangtze adalah hidro-electric pembangkit listrik terbesar di dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates