Selasa, 27 Agustus 2013

0 beberapa sungai di indonesia

1. Sungai Bengawan Solo
Sungai Bengawan Solo sudah sangat mendunia, karena namanya dijadikan judul sebuah lagu keroncong yang legendaris. Sungai ini merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa dengan panjang sungai mencapai 548,53 km yang mengalir di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Sungai ini mengalir dari hulu sungai di Pegunungan Kidul hingga ke muara didaerah Gresik.
2. Sungai Digul
Selain Sungai Membramo, Papua juga memiliki sungai yang tidak kalah panjangnya, yaitu Sungai Digul. Sungai yang memiliki sebutan Tanah Merah ini memiliki panjang 546 km. Dinamakan Tanah Merah karena jika waktu musim penghujan tiba sungai ini akan menjadi merah keruh karena tipe tanah yang berlumbur. Sungai ini mengalirkan air dari mata air di Pegunungan Sterren hingga ke Laut Arafuru.
3. Sungai Indragiri
Sungai Indragiri merupakan salah satu sungai terpanjang diwilayah Sumatera, aliran sungai ini melintasi Provinsi Sumatera Barat dan juga Provinsi Riau. Menurut catatan, panjang sungai ini mencapai 500 km dengan kedalaman sungai antara 6 – 8 meter. Sungai ini mengalirkan air dari daerah Singkarak, Sumatera Selatan ke perairan Laut China Selatan.
4. Sungai Kahayan
Salah satu sungai terpanjang yang ada di Indonesia adalah Sungai Kahayan, tepatnya berada di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. Sungai yang bermuara di Laut Jawa ini memiliki panjang hingga 250 km. Sungai Kahayan merupakan salah satu onjek wisata andalan yang ditawarkan oleh Pemerintah Kalimantan Tengah, khususnya wisata susur Sungai Kahayan yang saat ini sangat digandrungi para wisatawan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates