Selasa, 27 Agustus 2013

0 3 sungai terpanjang di indonesia

1. Sungai Kapuas
Dengan panjang total hingga 1.178 km, Sungai Kapuas tercatat sebagai sungai terpanjang di Kalimantan dan juga di Indonesia. Sungai yang mengalirkan air dari mata air Pegunungan Muller hingga ke muara sungai di Selat Karimata ini terletak di Provinsi Kalimantan Barat. Sungai ini masih sedikit terjaga kelestariannya karena terdapat hutan hujan tropis yang masih dilindungi dibagian hulu Sungai Kapuas.
2. Sungai Mahakam
Sungai Mahakam merupakan sungai terpanjang di Kalimantan Timur, sungai ini pula merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Sungai yang bermuara di Selat Makasar ini memiliki panjang 920 km. Hingga saat ini, Sungai Mahakam memiliki peranan yang sangat vital bagi masyarakat setembat sebagai sumber pengairan, lahan perikanan dan juga sarana transportasi umum.
3. Sungai Barito
Sama seperti Sungai Kapuas, Sungai Barito juga terletak di Kalimantan, tepanya di Kalimantan Tengah. Hulu Sungai Barito berada di Pegunungan Muller yang mengalirkan air hingga ke Laut Jawa. Sungai yang memiliki nama Lain Sungai Banjar dan Sungai China ini memilki panjang hingga 909 km dan menjadikannya sebagai salah satu sungai terpanjang di Kalimantan dan di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates