Selasa, 27 Agustus 2013

0 sungai terpanjang

1. Sungai Batanghari
Sungai terpanjang dan terbesar di Pulau Sumatera adalah Sungai batanghari dengan panjang sungai hingga 800 km dan lebar sungai berkisar antara 200 – 650 meter. Sungai ini melintas di Provinsi Jambi dan Sumatera Barat, mengalirkan air dari Gunung Rasan hingga Laut China Selatan. Sungai ini menjadi saksi sejarah peradaban Melayu (Kerajaan Melayu, Sriwijaya dan Dharmasraya).
2. Sungai Musi
Sungai Musi terkenal sebagai salah satu ikon Kota Palembang, Sumatera Selatan. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera dan sungai terpanjang ke-5 di Indonesia dengan panjang mencapai 750 km. Sungai ini mengalirkan air dari mata air di daerah Kepahiang (Bengkulu) hingga ke Selat Bangka. Sampai saat ini, Sungai Musi terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi Masyarakat Sumatera Selatan.
3. Sungai Membramo
Sungai terpanjang lainnya adalah Sungai Membramo yang terletak di Papua. Sungai ini memiliki panjang sampai 670 km yang menjadikannya sungai terpanjang di Papua dan sungai terpanjang ke-7 di Indonesia. Sungai Membramo memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi sehingga banyak yang menjulukinya dengan sebutan “Amazon-nya Indonesia”.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Nadila Dela's BLOG Copyright © 2011 - |- Template created by O Pregador - |- Powered by Blogger Templates